Monday, August 9, 2010

Kalimantan #4

Gw itu harus ngerem bibir gw memang!

Kenapa? Karena basicly, gw tuh ga pernah tahan diremehkan. Gw tuh ga tahan dibilang ga bisa. Kalo udah kejadian gw diremehkan atau dibilang ga bisa, pasti yang ada gw macet di logika, bibir nyamber bilang bisa dan ngajuin tantangan....mati gw!....


Di tempat kerja gw, ada program pelatihan yang wajib diikuti oleh karyawan dan disesuaikan dengan fungsi kerja dan level jabatan. Salah satunya adalah pelatihan 'Susbintal Pimpinan' atau Wajib Militer ala Indonesia...

Nah pelatihan yang satu ini paling sepi peminat karena banyak faktor dan alasan. Dari yang jujur bilang takut sampai alasan ga bisa ikutan karena ga bisa ninggalin tugasnya terlalu lama (lame excuse!)

Awal tugas di Kalimantan, berita mengenai wajib militer ini cukup santer, dan satu departemen Human Resources dengan 4 orang anggota (minus gw) dengan masa kerja lumayan, ternyata ga ada yang pernah ikutan dengan berbagai macam alasan yang menurut gw sih karena takut.......hahahaha

Nah, gw anak baru, kroco, junior, name it! Dan gw didoktrin, ditakut-takutin dengan training wajib militer itu oleh para senior. Informasi berikut ini yang gw terima :

'Di training Susbintal 70 persen adalah mengenai fisik dan 30 persen adalah mental'

'Di training Susbintal, loe salah, loe dihajar!'

'Dihajar itu artinya loe ditendang, ditempeleng, digampar, dipukul...bisa pake rotan atau tangan'

'Darah wajib mengucur pas training Susbintal'

'Sakit, selama itu ga pingsan, loe tetep harus ikut latihan, dan ambulans hanya bagi yang pingsan'

'Loe ga bisa berenang, loe malah akan diceburin dan tenggelam itu resiko'

'Makan dikasih waktu dan menunya ga terpisah alias dicampur dalam satu wadah(nasi, lauk, minum). Loe muntahin itu, loe makan lagi muntahan itu!'

'Ada proses survival, ketika dengan alat seadanya loe dilepas di hutan dan harus makan apa aja untuk bertahan hidup......uler, daun, apapun itu'

'Tidak ada kontak dengan dunia luar selama 30 hari masa training, hape loe disita'


Dan berikut komentar lanjutan dari para senior setelah selesai mendoktrin :

'Ah, BaS, loe pasti ga kuat lah.....kita paham kok. Tapi mending ikutlah kalo emang nyali loe ga kecil.'
'Yang kabur banyak sih, lompat pagar gitu. Yah, loe bisa lah ikutan lompat kayak mereka......'


Dan gw.....

Susbintal? Seru tuh! Gw ikutan lah....ngapain sih wajib militer takut? Gw yang pertama ngajuin diri begitu muncul jadwal dari Jakarta deh!

Dan mereka

'Ah....sesumbar loe.....'

Dan gw

'Eh, gw bukan loe loe pada ya! Kalo gw pasti akan ikutan'

Dan nama gw pun masuk daftar tunggu di awal tahun depan.......


Dan kemarin, satu orang saksi hidup baru balik dari training Susbintal dan langsung gw korek korek informasi.....

Dan ternyata, semua yang diceritakan senior-senior gw soal kekerasan di Susbintal itu BENAR adanya. Bahkan saksi hidup itu nunjukin bekas rotan di punggungnya......

Dan gw telah mencatatkan nama gw di list untuk agenda Mei 2011......

MATI GW!!!!

17 comments:

the immigayrant said...

Gossshhh...

Masih bisa quit gak? Ini gak illegal yahh???

Linda Tan said...

Gwa orang pertama yang mengucapkan turut berduka cita ki....

Mudah-mudahan elo selamat yah

Farrel Fortunatus said...

terlanjur basah, ya sudah jalani aja. mulutmu harimaumu. Gpp lah itung" ikutan acara Be A Man he he he...

narti said...

masih ada cara seperti itukah?
sabar BaS.

mohon maaf lahir dan batin ya.

sda said...

waduh ketinggalan berita nih, udah sampai 4...
mudah-mudahan berjalan lancar n selamat yah...ngeri juga bacanya...

hoedz said...

wah .. pasti kalo pulang badannya seger banget ya ...

Cloud said...

berat banget noh latihannya...
ya uda, ntar jalanin semampunya aja key... Semangat bro :)

Unknown said...

serem amat ya...hii...moga2 gak kena kekerasan ya.

Diah Alsa said...

agenda Mei 2010??

lah bukannya dah lewat Mei 2010?? 2011 kali mas?? :D

semoga semuanya lancar yaaa, gk ada penyiksaan dan kekerasan yg tak berprikemanusian itu :-"

Ocky Fajzar said...

selamat kawan.. selamat menempuh hidup baru.. selamat :') selamat aja deh pokoknya... jangan lupa berbagi kisah ya, itu juga selama tangan lo masih bisa buat ngetik (nahloh!!!).tp gue doain yang terbaik om bas hihi

vaan11 said...

Masih lama kan? Kira-kira cukup waktu gak buat latihan ilmu kebal? Wkwkwkw.

gerandis said...

hahhahaha!!! mulutmu harimaumu mas!
makane toh, jd org jgn gampang dipanas2in!!! :D

kuatkan imanmu mas! persiapkan dirimu dg latihan fisik mulai dari skr! jgn lupa jg latihan makan! menu bsk, nasi lauk ikan asin kuah es dawet!

darahbiroe said...

wow
ketren banget yaw
tempatnya
heheheh
mangtab
:D

AISHALIFE-LINE said...

tetap mencoba dan berjuang dan semangat..supaya sukses.Met menunaikan ibadah puasa.

Cipu said...

lihat sisi positifnya saja Bas, kali kalo pulang pulang nanti bisa six pack hehehehehe

Ello Aris said...

jalani sajalah... yang penting tepat semangat

rid said...

ga apa-apa..ikut aja, bas
pasti banyak hal positif yg bisa didapat
gut lak ya,wkkkk... :D