Saturday, June 19, 2010

Jakarta......

While listening to 'Geek in The Pink' by Jason Mraz....

On YM, a friend shared about his difficulties to grab a good Job in Jakarta...
Well, all I was saying was 'Welcome to the club buddy!'

Difficulties itu sendiri kalo dijabarkan mungkin akan mencakup banyak hal. Yah dari yang aku rasakan sendiri waktu jadi Job Seeker sih :

1. Mahal!
Jakarta - Malang dengan 800 sekian kilometer. Mahal transportnya yaaaa....mau itu darat atau udara. Dan itu harus bolak-balik banyak sekali secara no relatives and friend di Jakarta buat numpang.

Mahal juga kalo pas proses seleksi ada beberapa dan itu berdekatan jadwalnya. Mau ga mau, waktu itu aku nyari kosan. Dan itu Mahal!

Mahal juga makanannya! Yah, sebenernya ga tepat juga sih membandingkan harga di Malang dan Jakarta. Tapi yaaa emang Jakarta Mahal!

2. Gap Competencies
Bukan mengatakan bahwa pendidikan di daerah kurang bagus atau kalo di Jakarta pasti bagus. Tapi, ada gap-competencies yang aku benar-benar rasakan ketika berkompetisi dengan orang-orang bagus di Jakarta (hehehe kalo kompetisi ma orang ga bagus yaa ga ada gapnya donk)

Tapi memang, aku merasa bahwa model pendidikan yang pernah aku tempuh kurang bisa menjembatani kompetensi alumni dengan kebutuhan industri dan dunia usaha. Atau mungkin ketika jadi mahasiswa aku yang kebanyakan maen dan kurang kreatif buat nambah kapasitas otak juga perlu dihitung sebagai faktor pencetus gap-competencies.

3. Saingannya sejuta umat
Ini adalah dampak tidak meratanya pembangunan, ketika buaaaannyyyaakk orang berkiblat rejeki ke Jakarta. Ya ampun! sekalinya pernah ikut ujian PNS buat di PLN dan itu bener-bener Masya Allah buanyak banget! Lolos sampe beberapa tahap tapi hasil akhirnya gagal.....hahahaha. Setelah itu males ikutan seleksi PNS sampe sekarang. Hal yang sama juga berlaku buat perusahaan swasta, meskipun saingannya ga sejuta tapi ratusan orang juga sempet bikin keder.

Yeah, that's life!
Kalau semuanya selalu enak bin lancar ya jatuhnya pasti ga enak, bosan, ga hidup! seperti quote dari mbak Hellen Keller....

'Character cannot be developed in ease and quiet. Only through experience of trial and suffering can the soul be strengthened, ambition inspired, and success achieved'

..................................

..................................

Jason Mraz singing still in 'geek in the pink'
do do do do.......
hey baby look at me go... from zero to hero......



hahahaha.....I wish I can be 'the hero' soooon......

3 comments:

Unknown said...

aku suka jason Mraz....sip lagunya

richo said...

wah aku mah ga pengen kerja di jakarta, pusing liat macet heheh

Ratusya said...

heelllooo anak kos cipinang.. masih?
hihihi...

sebelumnya.. gua ada kok di ym, cuma seringan invis. kehilangan mood juga untuk chat, jadinya ya invis ajah.
sapa ajah, siapa tau saya lagi ol :)

anyway, itulah ibukota. ada sejuta orang yang mencoba peruntungannya disini.